CARA TEPAT MEMILIH PERLENGKAPAN TOURING BAGI PARA BIKERS

Minggu, 01 Agustus 2010

Pertama, helm. Ini penting banget lho, bagi para bikers. Selain berfungsi untuk menjaga benturan kepala saat jatuh, helm teropong juga berfungsi untuk menjaga mata kita agar tidak kemasukan debu. Helm yang direkomendasikan adalah helm SNI (Standar Nasional Indonesia).
Tentu helm ini mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan helm luar negeri yang telah lulus uji produk yang dilakukan oleh NHTSA (National Highway Traffic Savety Association). Tapi, untuk lebih jelasnya kunjungi saja website-website lain yang membahas secara detail kelebihan helm SNI.

Kedua, jaket motor. Selain karena jaket berfungsi agar para bikers tidak mudah masuk angin saat touring, jaket juga berfungsi agar kondisi badan pengendara tetap stabil saat berkendara. Tidak semua jenis jaket dapat memenuhi kriteria perlengkapan touring yang baik bagi para bigers, adapun beberapa jenis bahan jaket yang memenuhi kriteria ini adalah taslan, dinier, goretex, dan masih banyak lagi. Dan sebaiknya jaket terbuat dari bahan waterproof dan windproof supaya tidak menghilangkan fungsi utama jaket itu sendiri. Adapun contoh jaket yang telah memenuhi kriteria diatas adalah jaket Shift cordura, jaket dinier, jaket FLM, jaket Rocket cordura, jaket streetquest, jaket brutal, jaket heingericke cordura atau goretex. Dan yang paling wajib, jaket itu harus muat di badan anda. Kalau tidak, tentu itu akan mengganggu anda saat diperjalanan.

Ketiga, sarung tangan. Fungsi sarung tangan bagi para bikers itu sendiri ialah sebagai pelindung tangan dari terik matahari atau udara dingin dan menjaga tangan agar tidak licin yang disebabkan oleh keringat. Contoh sarung tangan yang direkomendasikan adalah, sarung tangan scoyco, sarung tangan Kulit protector, sarung tangan FLM, sarung tangan probiker.

Keempat, masker (penutup mulut dan hidung). Meskipun anda telah memakai helm SNI, belum tentu ada jaminan bahwa anda akan terbebas dari debu dan polusi udara. Oleh karena itu, masker juga sangat penting bagi anda para bigers. Sebaiknya masker yang anda pakai terbuat dari bahan katun.

Kelima, jas hujan. Apapun perlengkapannya yang digunakan oleh para bikers, apabila musim hujan telah datang, tentu perlengkapan yang paling dibutuhkan ialah perlengkapan yang satu ini. Kalau tidak, dijamin anda akan kebasahan dan mengganggu perjalanan anda. Beberapa contohnya ialah rosida882, axio 3M dan masih banyak lagi. Yang paling penting, bahannya harus terbuat dari bahan yang tidak tembus air.

Keenam, celana touring (celana bikers). Biasanya para bikers suka menyepelehkan perlengkapan yang satu ini, padahal perlengkapan ini nggak kalah pentingnya dengan perlengkapan yang lainnya lho! Contohnya celana streetquest, celana FLM, celana fox.

0 komentar:

Posting Komentar

pengunjung